Halo #KawanImbang, mau tau nggak nih? Ternyata bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus kita jaga tetapi kesehatan mental juga penting lho bagi kehidupan kita, apalagi di saat work from home seperti ini. Dan perlu diketahui bahwa menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental dapat membantu kesehatan tubuh menjadi semakin berkualitas lho

Maka dari itu, kesehatan mental yang terganggu akibat dari rasa bosan, capek, stres karena dirumah terus akan memberikan dampak yang buruk bagi aktifitas sehari-hari. Contohnya, berdampak pada rutinitas yang menjadi tidak produktif dan rasa malas yang semakin menguasai tubuh. Benar nggak nih guys

Sebenarnya ada cara-cara sederhana yang bisa #KawanImbang lakukan supaya kesehatan mental tetap terjaga dan bisa menjadi meningkat lho. Nah, di artikel kali ini akan ada 5 tips menjaga mental health ala generasi milenial yang bisa dicontoh #KawanImbang di rumah. Check this out!

1. Being greatful everyday

Mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang sudah dilakukan seharian adalah salah satu kunci utama mencapai kebahagiaan dalam hidup. Terlihat simpel tapi masih banyak yang melupakan kebiasaan baik ini lho.

Jadi apa sih gunanya mengucap syukur?  Okay let’s say, ketika kalian akan tidur pada malam hari, coba deh pejamkan mata dan berkata dalam hati “ Terima kasih untuk diriku sudah melalui satu hari ini dengan senyuman dan ikhlas. Yuk, besok mulai berprogress jangan bermalas-malasan terus. Semangat untuk besok dan terima kasih untuk hari ini. GOD BLESS YOU”. 

Nah, dengan cara tersebut sangatlah efektif untuk membangun support system dalam diri sendiri agar lebih sabar, ikhlas, dan menikmati segala proses dalam kehidupan.  Mudah kan? So, jangan cuma jadi reader aja. From now, let’s practice with your own version. Fighting!

2. One work one time

#KawanImbang pernah mendengar tentang multitasking? Keadaan dimana seseorang melakukan lebih dari satu kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Contohnya seperti membaca buku tapi sambil mendengarkan lagu yang berlirik atau saat kalian memakai internet untuk mengerjakan tugas tapi dibarengi dengan kegiatan lain yang masih berhubungan dengan internet. Hayo siapa yang pernah seperti itu? Niatnya sih biar hemat waktu tapi hasilnya malah enggak maksimal. 

Selain itu, kemampuan otak yang dipaksa untuk bekerja secara bersamaan mengakibatkan menurunnya konsentrasi dan kinerja pada otak. Maka dari itu, direkomendasikan untuk #KawanImbang agar mengerjakan satu kegiatan dalam satu waktu saja atau bahasa kerennya unitasking. Pekerjaan pun menjadi fokus dan hasilnya pun menjadi bagus. 

Nah, untuk tambahannya aku kasih tips juga agar kalian semua bisa managemen waktu dengan baik yaitu dengan menggunakan skala prioritas dan dibantu dengan membuat scedule atau reminder di handphone atau di  buku catatan. Dengan cara seperti itu, daily life #KawanImbang akan lebih terstruktur dan tidak lagi stres karena tugas yang menumpuk.  

3. Upgrade Diri

Pada metode ini #KawanImbang akan belajar melalui proses perbaikan dan pengembangan yang dilakukan oleh diri sendiri dan dapat dimulai dari hal –hal yang sederhana. Tips untuk melakukannya yaitu #KawanImbang harus ada niat tulus dari hati dan harus berani untuk memulai prosesnya. 

Contoh sederhana yang bisa kalian lakukan adalah seperti berani melawan rasa takut akan suatu hal, berani mengakui kesalahan yang telah diperbuat, yakinkan pada diri sendiri bahwa aku bisa dan akan terus berjuang,  membangun integritas diri, dan masih banyak lagi. So the Point is, lakukan evaluasi diri setiap hari dan tanamkan dalam hati bahwa ‘aku akan selangkah lebih maju dari hari kemarin’.

Nah, dengan metode tersebut banyak manfaat yang akan #KawanImbang dapatkan seperti meningkatnya rasa percaya diri, lebih memahami diri sendiri, dan bisa mengubah kekurangan dalam diri menjadi suatu kekuatan untuk terus berkembang.

4. Giving break enough

Semua orang pasti memiliki kesibukannya masing – masing, cara peyelesaiannya pun juga berbeda-beda. Tapi pernahkah #KawanImbang merasa kelelahan akibat kegiatan yang terlalu padat sehingga membuat waktu istirahat menjadi berkurang? 

Sebenarnya sikap pekerja keras sangatlah patut untuk di contoh tetapi apabila kalian memaksakan untuk terus bekerja ini dan itu tanpa memperhatikan waktu istirahat maka dampaknya bagi kesehatan tubuh akan jadi memburuk. Alangkah lebih baik, jika suatu pekerjaan dilakukan dengan aturan waktu yang diseimbangkan dengan waktu istirahat yang tepat. 

Contohnya apabila #KawanImbang adalah seorang pelajar, maka gunakan waktu belajar dan istirahat dengan tepat. Misalnya kalian ingin belajar dari jam 7 malam sampai jam 9 malam. Kalian bisa menggunakan  aturan 50/10 yaitu 50 menit belajar dan 10 menit untuk istirahat. Lakukan berulang hingga waktu belajar yang telah ditentukan diawal dan manfaatkan waktu istirahat tersebut dengan baik. 

Jadi sesibuk apapun kegiatan kalian, jangan lupakan untuk memperhatikan kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup. Selain itu, #KawanImbang juga bisa mengonsumsi vitamin ataupun makan-makanan yang sehat agar mendukung kesehatan tubuh!

5. Charges positive energy

Cara terakhir yang aku rekomendasikan untuk #KawanImbang adalah berikan energi-energi positif pada diri kalian. Energi seperti apa sihHm, perlu diketahui bahwa setiap manusia memerlukan support system untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri,  rasa semangat dan membantu menciptakan ketenangan dalam hati. 

Jadi energi positif itu bisa menjadi salah satu support system bagi tubuh? Yup, betul sekali. Dengan adanya support system yang positif maka secara tidak langsung kalian telah memberikan kekuatan secara mental maupun fisik pada diri kalian masing-masing. 

Lalu bagaimana caranya mendapatkan energi positif itu? Nah, kalian bisa mendapatkannya melalui orang-orang disekitar seperti orang tua maupun teman. Lalu #KawanImbang juga bisa mendapatkannya melalui media sosial yang memberikan tayangan atau konten yang bermanfaat untuk membantu pengembangan diri sahabat dirumah. Dan salah satunya adalah Platform Imbang Diri. 

Imbang diri adalah suatu platform yang ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan fisik, kesehatan mental serta pengembangan diri di Indonesia. So, buat kalian #KawanImbang jangan lupa untuk kepoin akun media sosial imbang diri yang sudah tersedia di Instagram, Facebook, Line, dan Website untuk informasi-informasi penting selanjutnya.  Imbang diri juga terdapat banyak kegiatan seminar online dan kegiatan sosial lainnya yang akan selalu mengedukasi #KawanImbang di rumah. 

Okay #KawanImbang semoga tips yang aku kasih kali ini, bisa bermanfaat dan bisa menjadi bahan pembelajaran untuk semuanya. Let’s doing action for yourself!

Penulis: Kharisma Rahmatika Irfani