Imbang Diri Articles

Physical Health, Mental Health & Self Improvement

5 TIPS MENJAGA MENTAL HEALTH ALA GENERASI MILENIAL

Halo #KawanImbang, mau tau nggak nih? Ternyata bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus kita jaga tetapi kesehatan mental juga penting lho bagi kehidupan kita, apalagi di saat work from home seperti ini. Dan perlu diketahui bahwa menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental dapat membantu kesehatan tubuh menjadi semakin berkualitas lho

Maka dari itu, kesehatan mental yang terganggu akibat dari rasa bosan, capek, stres karena dirumah terus akan memberikan dampak yang buruk bagi aktifitas sehari-hari. Contohnya, berdampak pada rutinitas yang menjadi tidak produktif dan rasa malas yang semakin menguasai tubuh. Benar nggak nih guys

read more…

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menjaga Kesehatan Mental

Kita terjebak dalam masyarakat yang belum mengerti sepenuhnya apa itu sehat yang sebenarnya. Banyak dari kita menganggap bahwa “sehat” hanya terbatas pada kondisi fisik semata. Stigma masyarakat tentang “sehat” yang hanya sebatas fisik yang bugar, terhindar dari penyakit dan segala macamnya membuat banyak orang lalai bahwa sehat tidak selalu tentang fisik. Kita sebagai manusia mempunyai jiwa dan raga. Tidak cukup apabila kita hanya menjaga salah satunya. Kita pantas memiliki jiwa yang sehat layaknya raga yang sehat. Kesehatan jiwa atau mental memegang peran besar dalam kehidupan sehari-hari. Emosi dan tindakan kita banyak dipengaruhi oleh mental. Ketika kita memiliki mental yang baik, maka akan mudah bagi kita untuk mengontrol emosi dan tindakan.

read more…

Bye-bye to Overthinking!

Iri banget liat orang lain produktif selama berbulan-bulan dirumah. Aku ngapain aja?

Belajar psikologi tapi kok rasanya belum bisa membantu orang terdekat, sih?

Akh, aku gagal dalam hidup!

Sekiranya, seperti itulah pikiran-pikiran jahat yang ada dalam kepalaku setiap malam. Ada perasaan gelisah dan merasa tidak berdaya, takut terhadap hal yang tidak pasti di masa yang mendatang, atau istilahnya overthinking. Padahal, overthinking merupakan sebuah lingkaran ketidakproduktifan yang tidak menghasilkan hal positif. Apalagi disaat masa pandemi seperti ini, pikiran negatif yang menimbulkan stress senantiasa muncul. Seperti ketakutan yang belebih terhadap penularan virus, jenuh di rumah, ingin bersosialisasi dengan teman, rasa tidak produktif, dan sebagainya. Jika overthinking muncul dengan intensitas yang semakin parah, bisa saja mengarah kepada gangguan kesehatan mental seperti Anxiety, Depresi, Gangguan Makan, Gangguan Tidur, dan kemungkinan lainnya.

read more…

How to Deal with Mental Health

Halo semuanya, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih untuk kalian yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Saya harap tips yang saya bagikan untuk kalian berguna bagi semua. Tips ini adalah pengalaman pribadi saya dimana saya memiliki mental health. 

Saya pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidup saya, yaitu mental health. Mental health sendiri adalah perasaan kesejahteraan emosi, psikologis, dan sosial kita yang dapat mempengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak. Serta membantu menentukan bagaimana kita menangani stres. (MentalHealth.gov). 

read more…

Persoalan Pendidikan adalah Persoalan Kita Bersama

-Saiful Ambiya-

Tidak memiliki background “Sarjana Pendidikan (S.Pd)”, bukan berarti kita tidak bisa berbuat apa-apa di ranah dunia pendidikan. Bahkan jika kita merasa “tidak cukup pintar” bukan berarti kita tidak bisa memiliki peluang untuk ikut berkotribusi memajukan pendidikan sama sekali. Seharusnya kita sebagai masyarakat sudah sepatutnya peduli dan bersatu padu memperbaiki kualitas pendidikan di Negara kita.

read more…

Prokrastinasi

(pic source;: google)

Halo #KawanImbang! Bagaimana kabar kalian selama quarantineini? Mungkin sebagian orang mengaku kesulitan dalam menghadapi situasi seperti ini karena merasa kurang produktif atau motivasi. Walaupun menjalani segala sesuatu dari rumah, ada banyak hal- hal penting yang masih harus tetap kita lakukan, bukan? Seperti tugas sekolah, pekerjaan, dan membersihkan rumah. Maka dari itu, kita harus menjadwalkan waktu kita untuk menghindari prokrastinasi atau sikap menunda-nunda waktu. Yuk kia cari tahu dulu sebenarnya apa sih itu prokrastinasi?

read more…

Sepercik Harapan di Ujung Malam

-WIDYA BAKKARA-

Jarum jam terus berputar dan tak bisa kuhentikan beriringan dengan malam yang semakin senyap. Pada hati, ada suatu harap akan esok yang lebih baik, ya…cukup general. Tentang sebuah cerita dan kisah masa lalu yang ah sudahlah. Masa depan? Berharap apa untuk masa depan?

Nyatanya berharap saja tidak cukup, meski setiap langkah dan aksi yang dilakukan juga belum dituai. Di ujung malam juga, seakan aku bisa menembus cakrawala, bergumam dan bergumam.  Setiap harinya kita akan memasuki labirin yang tak tau dimana ujungnya.

read more…

Mengenal Lebih dalam tentang Trauma

(picture source: google)

Hai #KawanImbang ! memiliki ingatan buruk tentang suatu peristiwa yang terjadi dalam hidup kita tidak menutup kemungkinan akan menjadi penghalang bagi kita untuk memulai hal yang baru. Trauma merupakan suatu kondisi yang ditandai oleh rusaknya pikiran karena suatu peristiwa yang menyedihkan Sadarkah kalian kawan imbang, jika trauma tersebut ternyata dimulai sejak kecil dan selama kita berada dalam lingkungan keluarga?

read more…

Aku vs Aku

-Anonim-

Heii

Apakah kamu sedang berada di fase yang tidak mau ngapa-ngapain, malas kenal orang baru dan malas jalin komunikasi sama siapapun? Kamu harus baca ini!. read more…

Hello

Hai #KawanImbang, kalian dapat menjadi kontributor di website Imbang Diri. Kirimkan artikel yang kalian tulis kepada tim kami melalui

Email : Contentmedia@imbangdiri.com