Kesehatan Mental adalah Kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain disekitar.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menjalani hidup yang positif. Sebaliknya, Orang yang mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berfikir, serta tidak bisa mengendalikan emosi yang menimbulkan perilaku buruk.

Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah dan produktivitas kerja. Oleh sebab itu, sudah saatnya kita menjalankan hidup sehat.

Untuk meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan, kamu tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik saja. Kesehatan mental juga berperan besar dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa langkah sederhana bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan ini, maka dapat dipastikan hal ini memengaruhi semua aspek kehidupan. Dengan menjaga kesehatan mental, maka kamu merasakan beberapa efeknya seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Nah disini aku ada tips penanggulangan yang dapat dilakukan dengan mengaplikasikan nasihat-nasihat dalam manajemen stres yang baik, seperti berikut.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Ala kamu :

  • Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. (agar hati lebih tenang dan damai).
  • Katakan hal positif pada diri
  • Tuliskan hal-hal yang patut disyukuri setiap waktu, entah itu dibuat melalui noted di notebook, diary, handphone, ataupun
  • Fokus pada satu hal satu
  • Olahraga secara rutin
  • Makanlah makanan yang membuat mood naik. Ataupun makanan favoritmu.
  • Terbukalah pada seseorang yang kamu percaya, sehingga kamu nyaman saat bercerita.
  • Lakukan sesuatu pada orang lain, seperti membantu atau menolong saat orang lain sedang kesusahan. Dan itu akan kamu rasakan jika kamu membutuhkan bantuan.
  • Tidur tepat waktu
  • Istirahat jika memang sudah merasa lelah dan rileksasikan fikiran sejenak dengan musik favorit kalian.

Jadi mulai sekarang, kamu memiliki berbagai cara langkah-langkah positif sederhana untuk menjaga kesehatan mental kamu. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan, kamu hanya memerlukan menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.

Referensi : Depkes, halodoc (dr.Gabriella Frolencia)

 

Penulis: Harsanida Optiffiny Anshari Putri