Apa itu kesehatan mental?

Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang.

Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stress, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.


Beberapa jenis gangguan mental yang umum ditemukan, antara lain depresi, gangguan bipolar, kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis. Beberapa penyakit mental hanya terjadi pada jenis pengidap tertentu, seperti postpartum depression hanya menyerang ibu setelah melahirkan.

Itu adalah pengertian dan beberapa tentang kesehatan mental, sebelum saya berbicara tentang bagaimana saya bisa berdiri hingga saat ini dan bangkit dari keterpurukan saya, saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya adalah Rezki Binuntsa Mutmaina dan saya saat ini berusia 25 tahun.

Saya akan mulai menceritakan tentang bagaimana saya bisa menjaga kesehatan mental saya….

Selama 8 tahun saya berjuang seorang diri untuk bisa menjaga dan menenangkan diri saya, saat saya berumur 19 tahun saya mendapatkan pelecahan seksual oleh pasangan saya sendiri, sampai akhirnya itu menjadi trauma berat bagi saya dan semakin bertambah ketika ayah saya meninggal dunia. Tidak ada lagi tempat untuk saya menyampaikan apa yang hati saya rasakan, tempat curhat saya telah pergi untuk selamanya. Saya tidak berani untuk berbicara apalagi saya berada dalam lingkungan keluarga muslim dan tabu tentang hal seperti itu. Saya menyimpan segalanya sendirian, berjuang atas hak saya sendiri.

Saya tidak punya siapapun sebagai tempat untuk mendengarkan apa yang diriku rasakan karena apa?

Karena saya takut, takut disalahkan semua orang. Mereka akan berpikir bahwa perempuan yang salah atas semua yang terjadi, apalagi saya dan dia dalam hubungan. Saya tidak menyampaikan itu kepada siapapun, sampai detik ini.

Kenapa tidak mencari bantuan atau menghubungi komunitas sebagai perlindungan?

Waktu itu saya tidak tahu tentang hal seperti itu, saya tidak tahu harus kemana selain berjuang dengan diriku sendiri.

Bagaimana caramu untuk berjuang?

Cara saya berjuang mungkin sedikit berbeda seperti yang lain, tapi saya memakai cara ini selama bertahun-tahun dan itu bisa membuat saya bangkit untuk memulai hidup baru. Ada beberapa cara yang saya lakukan, yaitu:

1. Saya seorang muslim, saya selalu shalat dan berdoa kepada ALLAH SWT, mengaji 2 halaman setiap saya selesai shalat. Untuk yang non muslim, jangan lupa terus berdoa karena kunci yang pertama adalah DOA, restu dan ridho dari Tuhan.
2. Saya selalu membaca buku 2 sampai 3 lembar setiap harinya, baca buku apapun. Apalagi jika buku itu dapat membangkitkan semangatmu.
3. Saya akan selalu olahraga dan sesekali bermain keluar bersama teman ataupun keluarga. Ingat satu hal, jangan pernah menghabiskan waktumu sendirian, itu akan membuat mentalmu bukannya membaik, malah akan berpikir semakin buruk tentang dirimu sendiri. Kamu butuh sesuatu yang dapat membuat tertawa, bukan hanya kesunyian.
4. Selalu sebelum tidur saya mendengarkan musik klasik piano, bahkan sampai saya ketiduran. Itu akan menjadi penenang untuk saya dari semua hal yang memuakkan saya dalam kehidupan, terutama saya dapat melupakan tentang apa yang membuat saya stress dan depresi karena saya fokus pada musik itu.

Hanya ada 4 hal yang saya lakukan, itu saya lakukan secara terus menerus
setiap harinya. Hal yang paling penting dari 4 point itu selain nomor satu adalah nomor tiga. Jangan pernah sendirian, karena itu sesuatu yang sangat tidak baik. Walaupun kalian tidak menceritakan apa yang terjadi di dalam hidup kalian seperti saya, tapi kalian masih bisa tertawa dan tersenyum karena orang lain.

Jangan pernah sendirian karena saya pernah melakukan hal itu dan berakhir saya ingin bunuh diri. Terkadang orang berpikir bahwa saat kita mengalami stress dan depresi, kita harus sendirian. Itu adalah sesuatu yang salah, karena semakin kamu sendirian maka semakin besar kemungkinan depresi dan rasa stressmu meningkat. Kita juga butuh tertawa, butuh tersenyum untuk menghilangkan rasa itu walaupun hanya sedikit.

Saya mencoba tapi tetap tidak bisa?

Jangan pernah menyerah, terus berjuang dan jangan sampai kehilangan harapan. Saya tidak melakukan itu dalam waktu yang sebentar tapi saya terus berjuang walaupun rasanya itu sangat berat. Hal pertama rubah pola pikir kita, tentang “ saya tidak bisa “.

Jangan pernah berpikir seperti itu tentang kesehatan mental kalian karena semakin berpikir seperti itu, maka semakin memperburuk keadaan. Siapa yang akan berjuang kalau bukan diri kalian sendiri, jika kalian saja tidak mampu merubah pola pikir itu.

Kita bisa sehat secara mental karena pola pikir kita dan niat kita untuk mau menjaga diri, semakin sering kita berpikir bahwa kita adalah seseorang yang positif dan seseorang yang luar biasa, maka kita akan bisa menjaga kesehatan mental kita. Jagalah diri kalian sendiri karena tidak ada yang mampu menjagamu, selain dirimu sendiri.

Penulis: Rezki Binuntsa Mutmaina