Jumat, 24 Juli 2020 Komunitas Imbang Diri melangsungkan kegiatan diskusi online dengan tema “Pentingnya Self love untuk Kesehatan Mental”. Diskusi ini diisi oleh tiga pemateri yaitu di sesi pertama  ada dr.Nurma Yuliyanasari,M.Si. beliau seorang ketua prodi sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran UM Surabaya. Dilanjutkan di sesi kedua ada kak Anindhita Indira bekerja sebagai image consultant, image consultant sendiri yaitu bidang profesional yang bertujuan untuk meningkatkan citra klien secara pribadi atau profesional melalui penampilan, perilaku, dan komunikasi. Dan , di sesi ketiga ada kak Naimma Aljufri, seorang publik figur dan juga mahasiswi yang menempuh pendidikan di jurusan kimia. Berikut sekilas pembahasan diskusi online Talk With Us – batch 7.

Apa itu self love? Secara harfiah self lovedapat diartikan mencintai diri sendiri. Kita harus bisa mencintai diri sendiri dulu sebelum kita mencintai kehidupan kita dan mencintai orang lain. Kita harus bisa mencintai, menghargai, dan menerima apa yang ada di dalam diri kita sebelum kita bisa memberi itu keluar. Saat kita sudah merasa cukup dan menerima diri kita dengan apa adanya kita akan punya ekstra spacedidalam pikiran kita dan diri kita untuk melakukan hal – hal yang lain. Self lovejuga sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah apapun yang terjadi didalam kehidupan kita, karena dari self lovekita bisa tahu nilai kita dan self worth nya kita sehingga kita bisa percaya diri dalam menghadapi apapun. Relationshipyang paling penting dan perlu kita punya selain relationship dengan Tuhan adalah relationshipdengan diri kita sendiri karena dari insidekita bisa memberi ke outsidedengan lebih baik, kita bisa berinteraksi dengan orang lain dengan ikhlas dan self lovejuga mengajarkan kita untuk respectterhadap diri kita sendiri untuk menjalani hidup. Dengan adanya self lovekita jadi lebih bisa menempatkan diri kita pada saat berteman , berinteraksi , atau bahkan berpacaran. Tetapi yang sering terjadi adalah kita lupa bahwa inside –> out  lebih utama daripada sebaliknya, semua itu dimulai dari dalam diri kita sendiri. Kita jangan menunggu dari luar (orang lain) atau approval/ acceptance (penerimaan) dari orang lain untuk merasa hebat dengan diri kita. Buatlah penerimaan pada diri kalian sendiri harus cinta dengan diri kalian sendiri dan dari situ pasti kita juga akan dipertemukan dengan orang-orang yang baik karena pada akhirnya kita tahu self worthnya kita itu seberapa. Self loveadalah awal dari percaya diri, awal dari respectpada diri sendiri, awal dari memaafkan diri kita sendiri mungkin memaafkan diri kita dari kejadian yang terjadi di masa lalu.

Kalian juga perlu tahu bahwa Mencintai diri sendiri alias self lovedisebut bisa membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Di tengah aktivitas harian dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, membuat siapa saja rentan mengalami kelelahan secara fisik maupun mental. Kondisi ini sering berujung pada masalah kesehatan mental, misalnya stres, depresi, serta kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Dan semua masalah tersebut nyatanya bisa diminimalisir dengan menerima dan mencintai diri sendiri.  Mencintai diri sendiri dan mementingkan kebahagiaan diri bukan merupakan hal yang salah. Sebaliknya, dengan menerima diri sendiri dan mencintai apa adanya, maka banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Kamu bisa mulai menerapkan konsep self lovedengan melakukan hal-hal menyenangkan hanya untuk diri sendiri alias “me-time”. sendirian bukan berarti kesepian, me-time justru bisa menjadi momen untuk menyepi sekaligus menyehatkan tubuh. Mengambil waktu jeda untuk mencintai diri sendiri bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih, dan meningkatkan kreativitas. Kondisi kesehatan mental juga lebih terjaga dan suasana hati menjadi lebih baik sepanjang hari. Selain menyehatkan mental, mengambil waktu sendiri untuk belajar mencintai diri ternyata juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan bisa membuat perasaan menjadi lebih santai dan bahagia. Mencintai diri sendiri juga bisa dilakukan dengan selalu bersyukur dengan keadaan kita sekarang dan apa yang kita punya, Karena bersyukur merupakan langkah awal untuk kita bisa selalu mengingat milestoneyang sudah kita capai dan apa yang sudah di takdirkan dalam diri kita. Selain itu bersyukur mampu membuat diri kita dapat lebih bijak dalam menentukan kebutuhan dan keinginan. Kalian juga bisa menghindari lingkungan atau teman-teman yang memberikan efek negatif terhadap diri kalian. Salah memilih lingkungan dan pergaulan tentu akan berpengaruh pada pola pikir dan perilaku kita. Membiarkan diri kita untuk berinteraksi dengan lingkungan negatif sama halnya dengan merelakan diri kita untuk terkena dampaknya. Maka sebagai bentuk rasa menghargai dalam diri kita alangkah baiknya kita memilih lingkungan yang positif. Selain itu lingkungan yang dipenuhi dengan energi positif akan selalu menghargai dan mendukung kamu dalam hal apapun. Selanjutnya hal yang bisa dilakukan, memberikan kesempatan diri kita untuk berpenampilan menarik dan rapi merupakan langkah kecil untuk kita menghargai diri sendiri. Meskipun sebagian orang berprinsip don’t judge book by it’s cover, tetapi tidak dapat di pungkiri kalau mayoritas orang akan menilai diri kita dari penampilan fisik. Tidak harus bergaya fashion terkini penampilan yang rapi dan pembawaan yang tidak acak-acakan tentunya akan memberikan poin positif bagi kamu disaat bertemu orang lain di kesempatan apapun.

Nah, Mungkin itu sekilas isi pembahasan diskusi online Imbang Diri batch-7. Diskusi online ini dikemas dengan pemaparan materi singkat oleh ketiga pemateri dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh partisipan via meeting roomdi Zoom. Antusiasme partisipan terlihat dari banyaknya pertanyaan masuk yang ditujukan untuk tiap pemateri dan beberapa pertanyaan terpilih langsung ditanggapi oleh pemateri yang bersangkutan. Acara diskusi online pada Jumat malam pukul 19.30WIB ini diikuti oleh lebih dari 305partisipan dari berbagai daerah bahkan dari luar Pulau Jawa. Hasil rangkuman materi dan tanya jawab dari partisipan pada kesempatan ini akan dipublikasikan di instagram @imbangdiri sebagai feedback dari tim pelaksana.Harapan dari acara diskusi online pada kesempatan ini adalah partisipan diharapkan bisa lebih mencintai diri sendiri dengan menghargai, memaafkan diri dan menerima diri sendiri dengan apa adanya. Karena ketika seseorang berhasil mencintai dirinya sendiri, dia pun akan dengan senang hati mencintai orang-orang yang ada di sekitarnya.

Stay positive everyone!

Gambar : Dokumentasi saat diskusi online sedang berlangsung via Zoom

Artikel By Kinanti Amali Al-Rizky (Imbang Diri)