Halo semuanya, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih untuk kalian yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Saya harap tips yang saya bagikan untuk kalian berguna bagi semua. Tips ini adalah pengalaman pribadi saya dimana saya memiliki mental health. 

Saya pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidup saya, yaitu mental health. Mental health sendiri adalah perasaan kesejahteraan emosi, psikologis, dan sosial kita yang dapat mempengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak. Serta membantu menentukan bagaimana kita menangani stres. (MentalHealth.gov). 

“kamu adalah orang yang berarti, kamu orang yang kuat dan aku yakin kamu bisa menghadapi lebih dari ini. Suatu saat pasti kamu menjadi super human!”

Tips yang pertama adalah self care. Anda dapat melakukan sesuatu yang Anda suka seperti mendengarkan favorite musik atau memasak. Hal ini menurut saya adalah suatu contoh kegiatan kecil yang menggembirakan, atau bisa melakukan meditasi. Meditasi adalah self care yang sangat saya sukai, mengapa? karena meditasi ini memerlukan suasana yang tenang dan hening, Anda bisa menenangkan pikiran yang akan terhubung dengan jiwa Anda sendiri dan bernafas dengan pelan dan tetap berfikir untuk menjadi versi yang terbaik dari diri Anda. Anda dapat melakukan meditasi dua kali dalam sehari setelah dan sebelum tidur selama 10 menit, Anda dapat menambahkan lilin aromaterapi agar merasa lebih nyaman atau mendengarkan musik relaksasi. 

Dengan meditasi ini, Anda dapat menyadari akan emosi dan pikiran diri sendiri, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, fokus dan menjadi pribadi yang positif. Di dalam otak kita terdapat amyglada yang memproduksi kortisol dan adrenalin pada saat kita merasa sedih, emosi atau takut. Terdapat penilitian dari Harvard Medical yang menunjukkan sebuah komponen dari Amygdala berkurang ukurannya setelah 8 minggu pelatihan meditasi penuh perhatian.

Yang kedua adalah berhenti membanding-bandingkan Anda dengan orang lain. Sering kali saya berfikir seperti,mengapa ya si A ini kelihatannya beruntung sekali hidupnya dibanding saya. Tapi semakin saya berusaha untuk lebih mengerti diri saya sendiri, saya mulai terbiasa untuk mencintai apa adanya diri saya. Saya lebih memilih membandingkan diri saya di hari kemarin dan sekarang, setiap hari saya selalu berusaha untuk menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya. Contoh kecilnya semisal saya malas mengerjakan tugas kuliah, keesokan harinya saya berkomitmen untuk lebih rajin. Ya, satu langkah saja untuk sedikit demi sedikit berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Dan jangan lupa memberi penghargaan kepada diri sendiri akan kerja kerasmu.

Yang ketiga, carilah tempat pelampiasan untuk bercerita. Hal ini membantu kita untuk merasa lebih tenang, Anda bisa bercerita kepada seseorang yang Anda percaya. Jika Anda merasa tidak ada teman untuk tempat bercerita, Anda bisa menuliskannya disebuah buku, atau Anda juga bisa bercerita pada Tuhan. Atau Anda bisa melampiaskan emosi Anda dengan menangis, olahraga dan jalan-jalan atau hal lain agar memperbaiki mood Anda.

Yang keempat, adalah berdamai dengan diri sendiri maupun orang yang menyakitimu. Sangat susah memang,perlu banyak waktu untuk mengikhlaskan. Ibarat bekas luka yang semakin dalam lukanya maka akan semakin lama juga sembuhnya. Tapi saya yakin pasti bisa. Berterimakasih kepada masa lalu adalah hal yang penting menurut saya, karena banyak pengalaman yang berharga yang dapat kita ambil. Setiap malam saya sering merenung, setiap kejadian yang telah kita lewati adalah mengajarkan bagaimana cara untuk bangkit. Saya sering berkata kepada diri sendiri seperti “maaf ya diriku, mungkin aku terlalu memaksakanmu sehingga kamu merasa hidup ini sangat sulit. Kita harus tetap lalui ini ya, karena mungkin besok lebih berat. Tapi aku yakin, kita dapat memutuskan hal yang terbaik. Dan untuk orang-orang yang pernah menyakitiku, terimakasih ya. Dengan adanya pengalaman itu mengajarkan aku untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan kaya hati.

Yang terakhir adalah menceritakan hal baik pada diri sendiri. Hal ini menurut saya penting karena sering kali pada saat mental health ini tidak terkontrol saya merasa tidak berguna dan bukan pribadi yang baik. Seperti hari ini saya sudah memberi makan kucing, begitu juga seterusnya. Sepele memang tapi dapat memupuk rasa Anda adalah orang yang berguna. Dan juga bersyukur akan hal-hal kecil seperti hari ini Anda dapat makan makanan kesukaan Anda, serta dapat memikirkan hal yang baik yang pernah terjadi di hidup Anda. Dengan begitu Anda dapat merasa bahwa Anda adalah orang yang diberkahi oleh Tuhan.

Terimakasih buat kalian yang sudah membaca, semoga bermanfat serta lakukan hal baik yang menyenangkan setiap hari dan ambilah setiap keputusan dengan bijak.

Your support system

Yuke

Penulis: Yuke Uke