Kesehatan mental merupakan kesehatan jiwa dan pikiran yang harus dijaga kestabilannya. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik terutama ditengah wabah pandemi covid-19 saat ini, tidak sedikit orang yang merasa panik dan cemas mendengar berita terjadinya covid-19 yang penyebarannya sangat cepat sehingga mengaktifkan syaraf otonom yang berlebihan. 

Dimana tubuh dibuat seperti sedang menghadapi ancaman begitu besar sehingga selalu siap siaga, akibatnya gejala psikosomatis muncul yang menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah meningkat yang menyebabkan dada menjadi sesak. Yang mengakibatkan imunitas seseorang menjadi turun dengan mudahnya terjangkit virus, karna mental yang sehat dapat meningkatkan imunitas di dalam tubuh, dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat.

Disamping itu dengan himbauan dari pemerintah untuk work from home banyak pekerjaan atau kegiatan harus di lakukan di rumah. Dengan melakukan kegiatan #dirumah saja ruang gerak kitapun terbatas membuat kita menjadi bosan, jenuh, badmood, dan terkadang membuat kita banyak berpikir atau mudah overthinking. Nah, Berikut cara positif menurut saya untuk menjaga kesehatan mental: 

  • Istirahat Sosmed. 

Memakai Sosial Media seperlunya, kalau perlu lakukan kegiatan puasa sosmed, saya pernah berpuasa sosmed karna kebetulan hp saya rusak saat itu. Pertama-tama memang sangat membosankan, gabut. Tapi disamping hal itu saya merasakan efek yang luar biasa terhadap diri saya seperti tidak mudah overthinking dan merasa insecurities, ketika membuka sosmed kita sering membandingkan kehidupan kita dengan orang lain yang terlihat lebih menyenangkan, membuat secara tidak langsung bisa menganggu kesehatan mental kita. 

  • Mencari kebiasaan baru. 

Dengan pemerintah mengeluarkan aturan work from home atau bekerja dari rumah, tentu saja kita harus cepat beradaptasi dengan kebiasaan baru hanya di ruangan terbatas. Kita dapat manfaatkan untuk membentuk rutinitas baru yang sebelumnya tidak biasa kita lakukan, seperti menanam, memasak dengan menu baru, rutin berolahraga, dan kebiasaan baru lainnya. 

  • Batasi membaca berita Covid-19. 

Banyak membaca tentang wabah corona bisa menimbulkan serangan kecemasan bagi seseorang. Periksa terbaru sesekali saja, pilih satu bacaan atau tontonan dari sumber terpercaya seperti laman resmi pemerintah atau otoritas kesehatan. 

  • Perawatan diri 

Agar tetap semangat, anda bisa melakukan berbagai kegiatan perawatan diri atau self- care seperti memakai skincare, makan makanan enak, minum minuman kesukaan, meditasi, olahraga, mencoba make-up baru. Memakan makanan dan minuman kesukaan akan membantu meningkatkan semangat dan mood kerja seharian. 

  • Cari kegiatan positif 

Jika pekerjaan utama saya sudah selesai, saya mencari kelas-kelas online atau seminar online untuk menambah relasi dan juga menambah wawasan. Masa karantina ini juga merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk meningkatkan kemampuan diri. Selain itu, ketika bersantai bisa mendengar podcast yang menarik ataupun membaca buku. 

  • Tetap berkomunikasi dengan teman. 

Dunia mungkin terkunci, tetapi internet tidak. Dengan koneksi internet kita masih bisa menghubungi siapapun yang jauh disana, mengobrol dengan orang tersayang, menghubungi teman-teman dekat berbagi cerita ketika dirumah saja. Walaupun dengan via online, semacam ini bisa menjaga kesehatan mental kita selama karantina. 

 

Penulis: Indria Ayuningtyas