Kondisi pandemi Covid-19 telah berdampak pada setiap sektor kehidupan. Hal ini mengakibatkan beberapa aktivitas harus dilakukan di rumah. Saat situasi ini, kita harus senatiasa menjaga kesehatan diri, tidak hanya fisik namun juga mental. Apabila waktu selama berada di rumah tidak dikelola dengan baik, akan menimbulkan kebosanan bahkan stress. Sehingga untuk menghindari kondisi mental yang buruk seperti stress, isilah hari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat.

Salah satu tips yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental adalah “RIANG”!  

Rileksasikan pikiran

Istirahat yang cukup

Atur pola makan 

Nikmati hari-hari dengan mindset positif

Gali potensi diri

Pikiran yang rileks akan berdampak baik terhadap perilaku individu, hal yang membantu merilekskan pikiran, seperti mendengarkan alunan musik yang lembut, menekuni hobi yang digemari dan beryoga. Beberapa manfaat dari istirahat yang cukup yakni dapat meningkatkan sistem imun, membantu mengontrol emosi, menjaga berat badan dan membantu pikiran tetap fokus. Tubuh tentunya harus memperoleh asupan makanan bernutrisi dengan mengatur pola makan yang sehat, sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Tercukupinya asupan makanan tentu mendorong jiwa bersemangat sehingga memicu rasa bahagia untuk beraktivitas.

Pikiran adalah kunci dari segala perilaku, mindset yang semestinya ditanamkan dalam diri adalah mindset positif yang mampu menyehatkan mental, seperti mindset bahwa kita adalah pribadi tangguh dengan segala kemampuan yang dimiliki, kita mampu melakukan tugas dengan cakap, kita adalah pribadi yang disiplin, pekerja keras, dan dapat diandalkan.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di rumah, sebenarnya telah memberikan ruang untuk mengembangkan potensi diri. Selama ini, kesibukan seringkali membuat kita lupa untuk mengenali pontensi terpendam dalam diri, seperti kepiawaian bermain musik dan bernyanyi, keahlian menciptakan karya sastra, keahlian memasak, keterampilan mendekorasi ruangan ataupun bakat-bakat lainnya. Apabila potensi yang dimiliki dapat dikembangkan tentu akan menimbulkan rasa bahagia dalam diri serta adanya kepuasan akan kemampuan diri. Untuk itu mari lihat potensi dalam diri dan kembangkan agar potensi yang dimiliki dapat berdampak positif bagi lingkungan sekitar. 

“RIANG” merupakan tips sederhana yang bisa dipraktekkan untuk tetap merasa riang dalam menjalani hari-hari dan menjaga agar kondisi mental tetap dalam keadaan sehat. Marilah manfaatkan waktu yang tersedia untuk melakukan hal-hal positif yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Tetap sehat dan tetaplah produktif!

Penulis: Kadek Wanda