Jumat, 15 Mei 2020 Komunitas Imbang Diri melangsungkan kegiatan sebuah diskusi kecil lewat daring pertama kalinya yang bertajuk “ I’ts Okay to Feel Depressed”. Diskusi kali ini diisi satu pemateri yang sudah cakap dalam bidangnya yaitu dr. Era Catur Prasetya, SpKJ yang menjadi dokter psikiatri di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dan menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga mempunyai banyak peran yang lain termasuk menjadi volunteer di Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), beliau juga bagian dari Green Crescent Official yang bergerak untuk membangkitkan kesadaran public mengenai (kecanduan) zat dan perilaku dan juga organisasi Peduli Remaja Indonesia. Pada kesempatan ini dr. Catur akan menyampaikan materi seputar Kesehatan jiwa karena tema dan judul berkesinambungan, dan sudah tidak asing lagi bagi beliau untuk menyampaikan ilmunya.

Kesehatan Jiwa tidak jarang dalam beberapa kondisi kita abaikan. Padahal, untuk mencapai performa yang baik dalam hidup, kita juga perlu memelihara Kesehatan jiwa dalam hidup kita. Terkadang orang yang tahu Kesehatan jiwa nya buruk tetapi tidak tau cara memperbaikinya, dan juga tidak jarang pula ada orang yang tidak mengetahui bahwa Kesehatan jiwa nya tidak baik. Dalam kondisi seperti ini, sadar atau tidak sadar kita pasti akan jatuh ke dalam kondisi depresi. Depresi adalah sebuah perubahan perasaan menjadi perasaaan negatif yang pernah kita alami, kondisi tersebut wajar sekali terjadi pada semua orang. Terkadang depresi atau perubahan perasaan yang menjadi negative ini malah akan membuat kita baik baik saja, dikarenakan ketika kita sedih, kecewa, kita cenderung untuk melakukan sesuatu tanpa terburu – buru, tidak panik, malah membuat kita menjadi slow down, pelan – pelan, dan akhirnya diam. Dari diam tersebut kita dapat mengambil jeda, berfikir dan bisa membuat sesuatu yang lebih dari sebelumnya, dan dari sini ketika kita sedih bukan berarti kita gagal, malah dari depresi tersebut kita adalah manusia yang baik baik saja. Karena dengan kita sedih kita belajar untuk tumbuh, dan beradaptasi dengan kondisi sekitar kita. Maka dari itu kita sebagai manusia sangat bersyukur sekali dengan kondisi depresi tersebut, karena dari situ kita dapat mengkoreksi apa yang salah dalam kehidupan kita dan kita juga perlu belajar untuk menemukan penyampaian yang tepat rasa depresi dalam hidup kita, karena dengan menyamaikan rasa depresi yang kita alami, maka kita sudah berusaha satu langkah untuk meringankan apa yang sedang kita alami.

Diskusi online ini dikemas dengan pemaparan materi yang sangat rapi melalui voice chatoleh dr. Era Catur yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh partisipan via chat Whatsapp. Acara diskusi online ini diikuti oleh 200 lebih partisipan dari berbagai daerah bahkan dari luar pulau jawa. Hasil rangkuman materi dan tanya jawab dari partisipan pada kesempatan ini akan dipublikasikan di Instagram @imbangdiri sebagai feedback dari tim pelaksana.  Harapan dari acara diskusi online pada kesempatan ini adalah untuk menyadarkan bahwa depresi adalah suatu hal yang baik – baik saja dan bagaimana cara menontrol diri dalam depresi ini agar kita dapat bangkit, tumbuh, dan adaptasi dari permasalahan yang kita alami. Dalam waktu dekat, Imbang Diri akan kembali mengadakan diskusi online dengan materi yang sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat terutama kalangan pelajar.

Gambar : Materi oleh dr. Era Catur