Jumat, 29 Mei 2020 Komunitas Imbang Diri melangsungkan kegiatan diskusi online melaluizoom yang bertema “Don’t be Afraid to Dream Big”. Diskusi kali ini mengundang pembicara yang inspiratif untuk membagi pengalaman mereka mencapai mimpi dan prestasi, yaitu Caroline Augustine sebagai Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Chanceline Ebel sebagai seorang actrees, dan El Zam Multazam sebagai Mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga termuda tahun 2017 serta Arya Rajanagara Dokter Muda FK UNAIR sebagai moderator. Setiap pembicara memiliki subtema tersendiri, Caroline membawakan materi mengenai “Time Investment: Harmonizing Dream and Reality”,Chanceline membawakan materi mengenai “Pursuing big acting dreams: what it takes to life the life of your dream?”, dan terakhir materi yang dibawakan oleh El Zam yaitu mengenai “Living the dream: life without limits”.

Materi pertama yang dipaparkan dalam diskusi yaitu oleh Caroline mengenai bagaimana berinvestasi mengenai waktu untuk mengharmonisasi antara mimpi dan realitas. Menginvestasi waktu adalah bagaimana kita bisa mengalokasi waktu untuk prospek kedepan atau on the future. Terdapat 3 hal penting yang harus dimiliki seseorang dalam menggapai mimpinya, yaitu: (1) goal- setting, (2) still struggling daily, (3) the method might be different for each person. Dalam merealisasikan mimpi kita perlu merangkai goal yang akan diturunkan menjadi langkah-langkah perencanaan, dan perencanaan itu akan di realisasikan dengan action.

Materi kedua dilanjutkan oleh El Zam Multazam mengenai bagaimana menggapai mimpi dengan menerjang segala keterbatasan. Pemateri memberikan 4 poin bagaimana membangun motivasi berdasarkan teori yang diusung Keller (1987), yaitu: (1) attention, (2) relevance,(3) confidence, (4) satisfaction. Attention yaitu kejernihan pikiran dimana otak tidak terdistraksi oleh stimulasi-stimulasi lain dan relevanceyaitu seberapa penting tujuan dan mimpi kita, dapat bermula dengan why. Selain itu, menurut pemateri kesuksesan berasal dari kegigihan, keteguhan, dan kesediaan bekerja keras.

Materi terakhir oleh Chanceline Ebel mengenai bagaimana kita menggapai mimpi. Pamateri memberikan enam step untuk menggapai mimpi, yaitu: (1) dream it, (2) believe it, (3) tell it, (4) plan it,  (5) work it,  (6) enjoy it.

Diskusi tersebut dikemas dengan pemaparan materi yang singkat dan santai kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan di tutup oleh closing statement setiap pemateri. Antusias dari peserta terlihat dari banyak sekali pertanyaan yang masuk ke moderator dan sesi pertanyaan di buka 3 kali masing masing sesi terdiri dari 5 pertanyaan yang akan di jawab langsung oleh pemateri. Acara diskusi online pada Jumat malam pukul 20.00 WIB ini diikuti oleh 384 partisipan dari berbagai daerah bahkan dari luar Pulau Jawa. Hasil rangkuman materi dan tanya jawab dari partisipan pada kesempatan ini akan dipublikasikan di instagram @imbangdiri sebagai feedbackdari tim pelaksana. Harapan dari acara diskusi onlinetersebut adalah untuk memberikan motivasi dan cara bagaimana menggapai mimpi. Dalam waktu dekat, Imbang Diri akan mengadakan sebuah forum diskusi online dengan materi yang sekiranya bermanfaaat untuk mencerdaskan masyarakat dan diharapkan membawa dampak positif bagi yang mengikuti diskusi onlineini.